Ditinggal Pas Lagi Sayang-Sayangnya? Simak 5 Tips Move On Ini!

Photo by: unsplash.com/@priscilladupreez

Pernah nggak sih kamu ngalamin putus hubungan sama pacar pas masih sayang-sayangnya? Pasti hati ini rasanya berat banget ya buat menerima kejadian itu. Ngga apa-apa kok kalau kamu ngerasa galau, sedih, marah. Itu hal yang wajar. Tapi jangan berlarut-larut juga ya. Terkadang orang yang sangat kamu cintai belum tentu bisa jadi milikmu selamanya. 

Nah, kamu harus move on dari kejadian tersebut. Emang sih move on bukanlah hal yang mudah. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa mengatasinya. Yuk, simak 5 tips move on yang bisa kamu lakukan!

Hapus kontaknya si Doi

Photo by: pexels.com/@karolinagrabowska

Coba perlahan kamu hapus kontak mantanmu, misalnya dengan menghapus kontak whatsappnya. Lakukan hal ini meskipun hanya sementara, sampai hati kamu benar-benar sembuh dan bisa menerima kenyataan. Setelah itu kamu bisa kok menghubungi dia lagi. 

Hilangkan semua harapanmu

Photo by: pexels.com/@maksimgoncharenok

Setiap menjalin hubungan pasti kita punya harapan ke depannya, apalagi kalau hubunganmu dan dia sudah berjalan lama. Tapi ketika si dia memutuskanmu pas lagi sayang-sayangnya rasanya seperti di sambar petir. Semua harapan-harapan yang udah kamu rancang, seketika sirna. Cara yang bisa kamu lakukan adalah hilangkan semua harapanmu terhadap hubungan tersebut. Kamu bisa menuliskan hal-hal yang menyakitkan selama hubunganmu dengan dia. Hal ini kamu lakukan agar kamu ingat kejadian yang apa yang bikin kamu putus, hingga kamu akhirnya bisa mengakui dan menerima bahwa ini sudah terjadi dan dia bukan yang terbaik untukmu.

Belajar untuk berdamai dengan masa lalu

Photo by: pexels.com/@vasilevvaexten

Ngga ada yang lebih menyakitkan ketika orang yang kamu cintai malah yang membuat kamu sakit hati. Tapi kalau kejadian tersebut bikin kamu jadi membatasi kehidupanmu sehari-hari, berarti kamu masih belum bisa menerima kenyataan. Cobalah untuk belajar memaafkan dan berdamai dengan apa yang sudah terjadi di masa lalu.

Akui saja kalau memang kamu masih cinta

Photo by: pexels.com/@katerinaholmes

Bagian dari kedewasaan adalah dengan mengakui kalau cinta nggak selalu bisa bikin hubungan berhasil dan nggak selamanya kamu bisa milikin orang tersebut. Ketika hubungan berakhir bukan berarti kamu harus menghapus rasa cintamu. Terkadang satu-satunya cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melepaskan. Cintai lah seseorang dengan sewajarnya dan berharap yang terbaik untuk dirinya walaupun ngga bisa bersama lagi. 

Cintai dirimu sendiri

Photo by: pexels.com/@joseluis

Kamu harus lebih berpikir positif terhadap dirimu sendiri. Percayalah kalau kamu itu pantas mendapatkan seseorang yang mencintaimu dan memperlakukanmu dengan baik. Jika kamu berpikiran negatif dan benci terhadap diri sendiri, mengkritik diri sendiri, ragu dengan kemampuan diri, maka kamu ngga bisa mengharapkan orang lain akan memperlakukanmu dengan baik, kalau kamu aja nggak memperlakukan diri kamu sendiri dengan baik. 

Nah, itu beberapa tips move on yang bisa dilakukan, khusus buat kamu yang masih cinta sama mantan. Move on memang berat ya, lebih berat dari rindu. Tapi bukan berarti kamu terus berlarut-larut terjebak di masa lalu. Yuk move on, semua pasti ada sisi baiknya dari kejadian ini. Lekas pulih ya untuk hatimu.  

Penulis: Diyan Retno Handayani

Referensi

https://www.psychologytoday.com/us/blog/living-forward/201508/5-ways-move-ex-you-still-love

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *