Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Atasi Kecemasanmu Secara Cepat!

Heboh, gemeteran, panik, berkeringat berlebih, dan bahkan bisa sampai pingsan siapa yang pernah mengalami itu? Jangan-jangan kamu mengalaminya ketika merasa cemas?

Reaksi atas dari situasi yang menekan diri merupakan arti dari Kecemasan itu sendiri. Kecemasan muncul ketika kita berada di kondisi tertekan dan sifatnya tidak berlangsung lama. Kecemasan ternyata bisa juga berpengaruh buruk untuk kamu. Efek yang timbul karena kecemasan yang berlebih seperti sesak nafas, pusing, lemas bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Kecemasan bisa dianggap biasa, pun juga bisa kita anggap tidak wajar. Kecemasan yang wajar biasanya terjadi dengan jangka waktu pendek (sebentar) dan dengan efek yang ringan (berkeringat berlebih, gugup). Sedangkan yang tidak wajar terjadi dengan periode yang cukup lama, dan dibarengi dengan efek yang cukup berat (detak jantung yang cepat, nyeri otot, pusing).

Kecemasan wajar dialami setiap orang, namun ketika kecemasan ini terasa tidak wajar maka kamu perlu untuk mendatangi psikologi (professional) untuk bisa memberikan saran serta masukan atas apa yang kamu alami. Terlepas dari itu kamu juga bisa melakukan beberapa hal yang bisa meringankan atau menghilangkan kecemasan-mu secara cepat. Dan berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan:

1. Mengatur Pernafasanmu Dengan Baik

Seperti efek yang timbul dari kecemasan, kamu juga perlu mengatur pernafasan-mu. Langkah ini bisa dilakukan pertama kali ketika kamu mengalami kecemasan. Ketika kamu mengatur pernafasan, secara tidak langsung saraf serta otot-otot yang ada didalam tubuh kita kembali ke keadaan rileks. Dengan demikian tubuh akan kembali dalam keadaan normal, dan kecemasannya akan segera hilang.

2. Melakukan Peregangan

Memilih untuk melakukan peregangan juga bisa kamu pilih untuk mengatasi kecemasan-mu. Kamu bisa mulai dengan mengangkat tangan-mu keatas dan mengatur pernafasan-mu dibarengi dengan memejamkan mata-mu sejenak. Atau kamu bisa saling memijat punggung dengan temanmu, selain kamu bisa merasa rileks, kamu juga bisa semakin dekat dengan temanmu.

3. Minum

Kelihatannya sepele dengan kita memilih untuk minum ketika kita merasa kecemasan, namun dengan minum ternyata bisa memberikanmu ketenangan. Ketika kamu memilih untuk minum, secara tidak langsung tubuh merasa rileks karena ada cairan yang masuk kedalam tubuh. Selain air putih, kamu juga bisa untuk membuat secangkir teh. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kandungan didalam teh bisa membuatmu merasakan ketenangan. Unsur yang terdapat didalam teh, serta kehangatnya bisa membuatmu kembali merasa segar.

4. Melihat Suasana Berbeda

Terkadang kita merasa cemas dalam suatu situasi dan kita terus menetap dalam situasi tersebut. Ternyata kamu juga bisa untuk mengurangi kecemasan yang kamu rasakan dengan cara melihat suasana yang berbeda. Semisal ketika kamu sedang dalam kondisi di ruangan kelas, maka kamu bisa memalingkan pandanganmu ke pepohonan yang berada diluar ruangan. Dengan memberikan pandangan yang berbeda maka tubuh juga akan merespon hal yang baru, sehingga kecemasanmu secara perlahan akan menghilang.

Setidaknya diatas adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa kecemasan yang muncul. Terlepas dari itu semua, kamu juga bisa melakukan hal-hal kamu sukai seperti mendengarkan lagu, bermain game, dan hal lainnya sejauh itu bisa membuatmu nyaman. Kecemasan yang muncul adalah hal yang wajar terjadi dan kamu bisa menanganinya dengan baik. Tetapi jika kamu merasa kecemasanmu sudah dirasa tidak normal, maka kamu perlu mendatangi professional (psikolog) untuk bisa konsultasi mengenai keadaanmu. Semoga kamu senantiasa bahagia!

Penulis : Afif Dharma Poetra

Referensi :

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=LOJsrMTwYAcC&oi=fnd&pg=PR9&dq=cara+mengatasi+kecemasan&ots=v5LQLZAAY5&sig=B65s81e8h_MSD2ELDz_lQZ__1TM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *