Belajar Hal Baru: Aku Harus Ngapain, Ya?

Photo by unsplash.com/@heykellybrito

Lagi pandemi COVID-19 apa saja sih yang sudah kamu lakukan di rumah? Pandemi COVID-19 membuatmu memiliki waktu banyak karena aktivitas yang dilakukan di rumah membuat waktu lebih efisien. Tetapi, apakah kamu sudah mulai bosan atau jenuh dengan rutinitas sehari-harimu? Hanya mengerjakan tugas, rapat, belajar, atau sebagainya terkadang memang cukup membuat bosan, jenuh, bahkan penat. Mungkin kamu bisa mencoba hal yang baru. Misalnya, kamu bisa mulai mempelajari alat musik, bahasa asing, atau hard-skill atau soft-skill lainnya.

Mempelajari hal baru bisa menjadi hal yang menyenangkan ketika kamu memang menyukai apa yang kamu pelajari dan kamu menggunakan strategi yang tepat dalam mempelajarinya. Jadi, sebenarnya apa aja sih yang harus kamu perhatikan ketika mempelajari hal baru?

Belajarlah sepanjang waktu

Ketika kamu sudah memiliki niat yang kuat untuk menguasai suatu kemampuan baru, kamu harus melatih kemampuan tersebut secara berulang. Belajar dan mempraktekannya tidak hanya sekali dua kali. Kamu perlu mendistribusikan waktu dengan baik. Susunlah jadwal seperti belajar dan berlatih sehari sekali atau dua kali.

Belajar dengan cara yang benar

Sejatinya, belajar kemampuan baru itu bisa di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Namun, perlu diperhatikan bagaimana cara kamu belajar. Menggunakan teknik dan strategi yang benar untuk sangat penting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Contohnya, kamu harus belajar dari tahap pertama untuk menguasai tahap kedua. Lakukan secara berurutan dan sabar. Jangan terburu-buru karena ingin cepat bisa sehingga langsung mencoba tahap tersulit dari pembelajaran. Semua butuh proses.

Berpura-pura menjadi seorang guru

Ketika seseorang menjadi guru atau tenaga pengajar, mereka akan mencoba menyampaikan sebuah materi sesuai dengan gayanya sendiri atau dengan cara yang membuat nyaman. Kamu bisa mulai mencari caramu sendiri bagaimana menjelaskan apa yang sudah kamu pelajari. Berperanlah seakan-akan kamu seorang guru yang akan menyampaikan sebuah materi. Dengan begitu, kamu akan mencoba menyusun cara dan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain. Secara tidak sadar, kamu juga akan paham apa yang kamu bawakan.

Ujian untuk dirimu

Ujilah hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa jauh kamu sudah menguasai materi. Kamu bisa melakukan tes di internet atau membeli sebuah buku untuk memandu tesmu. Ketika ada soal atau bagian yang tidak bisa kamu jawab atau kerjakan, kamu bisa mencatatnya dan mengulas kembali ketika ujian sudah selesai.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mulai mempelajari kemampuan baru. Ingat ya, semua tidak bisa instan. Jangan menyerah ketika kamu sudah memulai karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi hari esok!

Penulis: Carrenina Prilly Juaninda

Referensi

Cherry, K. (2021). Sure-Fire Tricks for Learning Something New. VeryWell Mind. https://www.verywellmind.com/tricks-for-learning-something-new-4118425

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *